BERAPA LAMA WAKTU UNTUK BELAJAR MEMBACA ALQURAN DARI NOL SAMPAI MAHIR



Pada artikel kali ini, blog belajar membaca Alquran akan mencoba menjawab pertanyaan “Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar membaca Alquran dari NOL sampai MAHIR?”. Namun sebelumnya, untuk menjawab ini tentunya perlu dilakukan pembatasan-pembatasan, karena jika tidak, jawaban dari pertanyaan “Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar membaca Alquran dari NOL sampai MAHIR?” akan sangat beragam, mungkin ada yang menjawab 4 bulan, 1 tahun, 3 tahun atau bahkan mungkin lebih dari 4 tahun.

Perlu diketahui bersama bahwa, untuk kondisi yang umum, kita tentunya membutuhkan waktu lebih dari sekedar 24 jam, atau bahkan 4 jam agar dapat membaca Alquran dari NOL sampai MAHIR, Meskipun Allah SWT telah berjanji dalam Alquran :

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar: 17).

Namun tentu Allah SWT juga telah menciptakan hukum alamnya dalam proses belajar membaca Alquran dari NOL sampai MAHIR, semua tetap membutuhkan proses dan kesabaran. Buktinya, di lembaga-lembaga pendidikan Qur'an setiap hari para santri tetap belajar Al-Qur'an selama bertahun-tahun. Kecuali jika yang dimaksud adalah hanya belajar membaca beberapa kata/huruf hijaiyah saja yaaa mungkin mungkin cukup dengan belajar 4 jam atau 24 jam, atau sebelumnya Anda sudah mahir dan ingin memperlancar/mengulang mungkin juga dicapai dalam waktu hitungan jam.

Jika demikian, lalu berapa lama waktu yang ideal untuk belajar membacaAlquran dari nol hingga mahir?, betul-betul dari NOL?
Agar kami dapat memberikan jawaban yang tepat, pertanyaan di atas akan kami batasi terlebih dahulu menjadi :
 “Berapa lama waktu yang ideal untuk belajar membaca Alquran dari nol hingga mahir dengan METODE ADJANI?”

InsyaAllah, untuk menjadi mahir membaca Alquran dari NOL dengan METODEADJANI berikut perhitungan logisnya:

Dengan metode Adjani, insyaAllah Anda akan mampu membaca Alquran dengan baik dan benar disertai tajwid cukup lulus hingga jilid 4 saja, sementara jilid 5 & 6 berisi latihan, jilid 7 berisi rangkuman teori Tajwid (prakteknya sudah disampaikan pada jilid 4), dan jilid 8 tentang bacaan-bacaan ghorib.

Sehingga minimal atau gambaran umum waktu yang dibutuhkan untuk dapat membaca Alquran dari Nol hingga tartil adalah :

Jilid 1 s/d Jilid 4                   = 4 jilid
Rata-rata halaman per jilid   = 40 halaman (20 lembar)
Sehingga total halaman        = 160 halaman (80 lembar)

Jika diambil minimal setiap pelajaran (pertemuan) dengan durasi 30 - 60 menit berhasil menguasai 2 halaman (1 lembar) maka :

160 halaman : 2 halaman = 80 pertemuan

sehingga gambaran target waktunya menjadi :

Mengaji setiap hari  = 80 hari = +/- 3 bulan (jilid 1 s/d jilid 4)

Mengaji 2 x seminggu = 80:2:4 = 10 bulan (jilid 1 s/d jilid 4)

Perhitungan di atas, jika kita terapkan pada anak didik di sekolah maka akan sangat LOGIS jika dalam 2 tahun anak sudah lancar & tartil dalam membaca Alquran (asumsi 1 jilid/semester).

Untuk meyakinkan Anda, silakan lihat kembali gambaran lebih jelas mengenai isi METODE ADJANI di setiap jilidnya, klik di sini.


BERAPA LAMA JIKA SAYA BELAJAR METODE ADJANI VIA ONLINE (WA)?

Meskipun jadwal Belajar Mengaji secara online via WA terbatas, yaitu satu minggu 1x per pekan, namun untuk setoran bacaannya Anda bisa dilakukan setiap saat, sehingga jika Anda berlatih dengan rajin setiap hari, harapannya dalam 3 - 6 bulan sudah dapat menyelesaikan hingga jilid 4 (sudah tartil).

Informasi tentang training OnLine belajar membaca Alquran silakan klik di sini.